SILABUS PAI VII

SILABUS
Nama Sekolah : SMPN  Semarang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/semester : VII /  1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
1.1 Menjelaskan hukum bacaan  ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah hukum  bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah Siswa membaca, menelaah, dan menyimak  dari berbagai sumber belajar tentang hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah Menjelaskan pengertian “Al” Syamsiyah Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian “Al’ Syamsiyah! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
Menjelaskan pengertian “Al” Qamariyah Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian “Al” Qamariyah! -Buku tajwid
Menyebutkan huruf-huruf  Syamsiyah Tes tertulis Tes uraian Sebutkan huruf-huruf  Syamsiyah! -VCD
Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah Tes tertulis Tes uraian Sebutkan huruf-huruf Qamariyah!
1.2 Membedakan  hukum  bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah Perbedaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah Siswa mencari perbedaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah dengan membandingan ayat yang mengandung bacaan “Al” Syamsiyah dengan ayat yang mengandung “Al” Qamariyah Membedakan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi tulisan Tes tertulis Tes uraian Sebutkan perbedaan antara “AL” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dari segi tulisan! 1 X 40′ -Al Quran
-Buku PAI Esis
-VCD
Membedakan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi bacaan Tes tertulis Tes uraian Sebutkan perbedaan lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dengan “Al” Qamariyah dari segi bacaan!
1.3 Menerapkan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah  dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar Ayat-ayat yang mengandung bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah Siswa berlatih menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam ayat-ayat atau surat-surat pilihan Mempraktekkan bacaan “Al” Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah surat Ad Dhuha dengan memperhatikan bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” Qamariyah! 2 X 40′ -Al-Quran
– Buku PAI Esis
Mempraktekkan bacaan “Al” Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan Unjuk kerja Tes identifikasi
Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
2.1 Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Ayat-ayat al-Quran tentang Sifat-sifat Allah SWT Siswa menelaah sifat-sifat Allah SWT dengan membaca dalil naqlinya Menjelaskan pengertian iman kepada Allah SWT Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian iman kepada Allah ! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dalil naqli tentang sifat-sifat Allah SWT Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang sifat-sifat Allah SWT!
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT Arti Ayat-ayat al-Quran tentang Sifat-sifat Allah SWT Siswa menelaah arti ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Membaca arti dalil naqli tentang sifat-sifat Allah SWT Unjk kerja Tes identifikasi Bacalah arti ayat tentang sifat-sifat Allah ! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menyebutkan pembagian sifat-sifat Allah Tes tertulis Tes uraian Sebutkan sifat-sifat Allah !
Menjelaskan sifat-sifat wajib dan mustahil Allah SWT Tes tertulis Tes isian Sifat yang pasti dimiliki Allah disebut sifat ….
Menjelaskan sifat jaiz bagi Allah SWT Tes tertulis Tes uraian Jelaskan sifat jaiz bagi Allah SWT!
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT Tanda-tanda Adanya Allah SWT Siswa mencari dan menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar secara langsung atau melalui media lain, baik media cetak maupun elektronik. Menyebutkan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT melalui ayat-ayat qauliyah Penugasan Tugas rumah Lakukan pengamatan di lingkungan tempat tinggalmu atau melalui media elektronik, carilah dan temukan tanda-tanda kekuasaan Allah! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menyebutkan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT melalui ayat-ayat kauniyah Penugasan Tugas rumah
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT Perilaku Orang Yang Beriman Kepada Allah SWT Siswa mengidentifikasi perbedaan perilaku orang yang beriman dengan orang yang tidak beriman kemudian membiasakan diri berperilaku yang menampilkan diri sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT Membedakan perilaku orang yang beriman dengan yang tidak beriman Tes tertulis Tes uraian Jelaskan perbedaan perilaku orang yang beriman dengan yang tidak beriman! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Menjelasakan gambaran perilaku orang yang beriman. Tes tertulis Tes uraian Bagaimana gambaran perilaku orang yang beriman?
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan diri sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT Penilaian diri Lembar penilaian diri Tak ada satupun barang-barang yang menempel di tubuhku adalah buatanku sendiri ( SS – S – R – TS)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna Ayat-ayat al-Quran tentang 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Wahhab, al-Fattah, al-Qoyyum, al-Hadi, ar-Rozzaq, al-Latif, al-Adlu, al-Malik, dan al-Ghoffar) Siswa menelaah sifat-sifat Allah SWT dengan membaca dalil naqlinya Menjelaskan pengertian Asmaul Husna Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian Asmaul Husna ! 3 X 40′ -Buku PAI Esis
Menjelaskan pengertian 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Wahhab, al-Fattah, al-Qoyyum, al-Hadi, ar-Rozzaq, al-Latif, al-Adlu, al-Malik, dan al-Ghoffar) Tes tertulis Tes uraian Jelaksan maksud al-Fattah!
Membaca dalil naqli tentang 10 Asmaul Husna (al-Aziz, al-Wahhab, al-Fattah, al-Qoyyum, al-Hadi, ar-Rozzaq, al-Latif, al-Adlu, al-Malik, dan al-Ghoffar) Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang asmaul husna al-Aziz!!
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna Perilaku Cerminan 10 Asmaul Husna Siswa menelaah perilaku yang sesuai dengan 10 Asmaul Husna dan membiasakan diri berperilaku mulia sebagai cerminan 10 Asmaul Husna Menjelaskan penerapan menghayati 10 Asmaul Husna dalam perilaku sehari-hari Tes tertulis Tes uraian Bagaimana penerapan menghayati al-Wahab? 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Berperilaku yang mencerminkan penghayatan 10 Asmaul Husna Penilaian diri Lembar penilaian diri Saya berkeinginan menjadi orang yang berwibawa dan terhormat
kecenderungan hati : (sangat kuat, kuat, cukup, lemah)
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Siswa membaca dan menelaah uraian tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Tes tertulis Tes uraian Jelaskan fungsi sabar dalam kehidupan! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar!
Menjelaskan fungsi tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan Tes tertulis Tes uraian Jelaskan fungsi tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan!
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Contoh-contoh perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Siswa mencari dan menemukan contoh-contoh nyata perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar yang terjadi dalam kehidupan sehari, baik melalui pengalaman langsung, media cetak maupun elektronik. Menyebutkan contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan Penugasan Tugas rumah Carilah dan temukan contoh-contoh perilaku tawadhu serta manfaat yang didapat melalui pengalaman, pengamatan langsung, maupun melalui tayangan media elektronik! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menunjukkan sikap senang berperilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan
4.3 Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Pembiasaan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar Siswa berlatih menerapkan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar melalui kegiatan pembiasaan. Membiasakan diri berperilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan Unjuk kerja Tes simulasi Simulasikan sikap anak yang tawadhu’ ketika bertemu dengan guru/orang tua! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Merasakan manfaat berperilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar dalam kehidupan Portofolio Laporan kegiatan Ceritakan salah satu perilaku kamu yang mencerminkan sikap tawadhu, tulislah apa yang kamu rasakan!
Standar Kompetensi : 5. ‎Memahami ketentuan – ‎ketentuan thaharah ‎‎(bersuci)‎
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
5.1 ‎Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib‎ Mandi Wajib Siswa membaca dan menelaah uraian tentang ketentuan-ketentuan mandi wajib serta mendemonstrasikannya melalui kegiatan simulasi dengan alat peraga. Menjelaskan pengertian mandi wajib Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian mandi wajib! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib Tes tertulis Tes uraian Sebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib!
Menjelaskan tata cara mandi wajib Tes tertulis Tes uraian Jelaskan tata cara mandi wajib
Mendemonstrasikan mandi wajib Unjuk kerja Uji petik kerja prosedur Lakukan simulasi mandi wajib dengan cara memandikan peraga berupa miniatur manusia.
5.2 ‎Menjelaskan perbedaan hadas dan najis Perbedaan hadats dan najis Siswa mencari dan menemukan perbedaan antara hadats dan najis melalui berbagai kasus. Menjelaskan pengertian hadas dan najis Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian hadas! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya Tes tertulis Tes uraian Bagaimana cara mensucikan hadas kecil?
Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya Tes tertulis Tes uraian Bagaimana cara mensucikan najis mukhafafafah?
Menjelaskan perbedaan antara hadas dengan najis Tes tertulis Tes uraian Jelaskan perbedaan hadas dengan najis!
Standar Kompetensi : 6. ‎‎Memahami tatacara shalat‎
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
6.1 ‎‎Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib‎ Ketentuan Shalat Wajib Siswa membaca dan menelaah uraian tentang ketentuan-ketentuan shalat wajib melalui berbagai literatur. Menjelaskan pengertian shalat wajib Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian shalat wajib! 4 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang shalat wajib Unjuk kerja Tes identifikasi Sebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib!
Menyebutkan suarat-syarat shalat Tes tertulis Tes uraian Bacalah dalil naqli tentang kewajiban shalat beserta artinya!
Menyebutkan rukun shalat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan rukun shalat!
Menyebutkan sunah-sunah shalat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan sunah-sunah shalat!
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan hal-hal yang membatalkan shalat!
6.2 ‎‎Memperaktikkan shalat wajib Praktik Shalat Wajib Siswa berlatih mempraktikkan shalat wajib secara berkelompok dengan metode tutor sebaya. Hafal bacaan-bacaan shalat Unjuk kerja Tes identifikasi Hafalkan bacaan-bacaan shalat! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Memperagakan gerakan-gerakan shalat Unjuk kerja Tes simulasi Peragakan gerakan rukuk!
Mempraktikkan shalat wajib Unjuk kerja Uji petik kerja prosedur Lakukan praktik shalat magrib dengan benar!
Standar Kompetensi : 7. ‎‎‎Memahami tatacara shalat ‎jamaah dan munfarid ‎‎(sendiri)‎
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
7.1 ‎‎Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan ‎munfarid Ketentuan Shalat Jamaah dan Munfarid Siswa membaca dan menelaah uraian tentang ketentuan-ketentuan shalat jamaah dan munfarid melalui berbagai literatur. Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian shalat jamaah! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang keutamaan shalat jamaah Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang keutamaan shalat berjamaah beserta artinya!
Menjelaskan syarat-syarat shalat berjamaah Tes tertulis Tes uraian Jelaskan syarat-syarat shalat berjamaah!
Menjelasakan ketentuan imam dan makmum. Tes tertulis Tes uraian Sebutkan kriteria orang dipilih menjadi imam!
Menjelaskan ketentuan makmum masbuk dan muwafiq Tes tertulis Tes uraian Jelaksan maksud makmum masbuk!
Menjelaskan ketentuan shaf shalat berjamaah Tes tertulis Tes uraian Bagaimana pengaturan shaf shalat jamaah bila makmumnya hanya satu orang?
Menyebutkan halangan shalat jamaah Tes tertulis Tes uraian Sebutkan halangan shalat berjamaah!
7.2 ‎‎‎Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat ‎munfarid‎ Praktik Shalat Jamaah dan Munfarid Siswa berlatih mempraktikkan shalat jamaah dan munfarid secara berkelompok dengan metode tutor sebaya. Mempraktikkan shalat berjamaah. Unjuk kerja Tes identifikasi Lakukan praktik shalat magrib dengan berjamaah! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Mensimulasikan shaf shalat jamaah dengan satu makmum, dua makmum, dan tiga makmum Unjuk kerja Tes simulasi Simulasikan shaf shalat jamaah dengan satu makmum, dua makmum, dan tiga makmum!
Mensimulasikan makmum muwafiq dan makmum masbuk. Unjuk kerja Uji petik kerja prosedur Lakukan simulasi menjadi makmum masbuk dan muwafiq!!
Standar Kompetensi : 8. Memahami sejarah Nabi ‎Muhammad SAW
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
8.1 ‎Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW Sejarah lahirnya Muhammad sampai diangkat menjadi Rasul Siswa membaca dan menelaah sejarah lahirnya Muhammad sampai diangkat menjadi Rasul Menjelaskan kehidupan bangsa Arab menjelang kelahiran Muhammad Tes tertulis Tes uraian Jelaskan kehidupan bangsa Arab menjelang kelahiran Muhammad! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Menceritakan kehidupan Muhammad semasa kanak-kanak Tes tertulis Tes uraian Ceritakan kehidupan Muhammad semasa kanak-kanak!
Menceritakan kehidupan Muhammad semasa remaja dan dewasa Tes tertulis Tes uraian Ceritakan kehidupan Muhammad semasa remaja dan dewasa!
Menjelaskan proses diangkatnya Muhammad menjadi Rasul Tes tertulis Tes uraian Jelaskan proses diangkatnya Muhammad menjadi Rasul!
8.2 ‎Menjelaskan misi nabi Muhammad  untuk ‎semua manusia dan bangsa Misi nabi Muhammad  untuk ‎semua manusia dan bangsa Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi misi nabi Muhammad  untuk ‎semua manusia dan bangsa Membaca dan mengartikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia dan bangsa. Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dan artikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia dan bangsa! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk kemajuan dan kebaikan umat manusia tanpa membedakan suku dan bangsa. Jelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk meluruskan untuk kemajuan dan kebaikan umat manusia tanpa membedakan suku dan bangsa!
Standar Kompetensi : 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Siswa membaca dan menelaah uraian tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin Tes tertulis Tes uraian Sebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Menjelaskan pengertian mim mati Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian mim mati!
Menyebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin Tes tertulis Tes uraian Sebutkan pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
Menyebutkan pembagian hukum bacaan mim mati Tes tertulis Tes uraian Sebutkan pembagian hukum bacaan mim mati!
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Perbedaan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Siswa mengidentifikasi perbedaan nun mati/tanwin dan mim mati dengan membandingan ayat yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Membedakan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab Tes tertulis Tes isian Lafaz انعمت  mengandung bacaan …. 4 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Membedakan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi Tes tertulis Tes isian Lafaz من بعد  mengandung bacaan ….
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar Penerapan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati Siswa berlatih menerapkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat atau surat-surat pilihan Mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah surat Al Adiyat dengan memperhatikan bacaan nun sukun/tanwin dan mim mati! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Mempraktekkan bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat Iman Kepada Malaikat Siswa menelaah pengertian iman kepada malaikat dan sifat-sifatnya melalui dalil naqlinya Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian iman kepada malaikat! 4 X 40′ -Buku PAI Esis
Menjelaskan sifat-sifat malaikat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan sifat-sifat malaikat !
Membaca dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifat malaikat Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifat malaikat!
Menjelaskan perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya Tes tertulis Tes uraian Jelaskan perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya!
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat Tugas-tugas Malaikat Siswa mencari informasi dan menelaah tentang nama-nama malikat yang wajib diketahui, dan tugas-tugasnya Menjelaskan tugas para malaikat secara umum Tes tertulis Tes isian Jelaskan tugas para malaikat secara umum! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Menjelasakan persamaan tugas manusia dengan malaikat Tes tertulis Tes isian Jelaskan persamaan tugas manusia dengan malaikat!
Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas khususnya Tes tertulis Tes isian Sebutkan nama-nama malaikat beserta tugas khususnya!
Standar Kompetensi : 11. Membiasakan perilaku terpuji
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
11.1 Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti kerja keras, tekun, ulet dan teliti Siswa membaca dan menelaah uraian tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti!
Menjelaskan fungsi kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan Tes tertulis Tes uraian Sebutkan fungsi kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan!
11.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku  kerja keras, tekun, ulet dan teliti Contoh-contoh perilaku  kerja keras, tekun, ulet dan teliti Siswa mencari dan menemukan contoh-contoh nyata perilaku  kerja keras, tekun, ulet dan teliti yang terjadi dalam kehidupan sehari, baik melalui pengalaman langsung, media cetak maupun elektronik. Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan Penugasan Tugas rumah Carilah dan temukan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun dan teliti serta manfaat yang didapat melalui pengalaman, pengamatan langsung, maupun melalui tayangan media elektronik! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menunjukkan sikap senang berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti Siswa berlatih menerapkan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti melalui kegiatan pembiasaan. Membiasakan diri berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan Unjuk kerja Tes simulasi Simulasikan sikap anak teliti ketika menyelesaikan suatu pekerjaan! 1 X 40′ -Buku PAI Esis
-al-Quran
Merasakan manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Standar Kompetensi : 12. Memahami tatacara shalat ‎Jum’at
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
12.1 ‎‎Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat ‎jum’at Ketentuan Shalat Jumat Siswa membaca dan menelaah uraian tentang ketentuan-ketentuan shalat jumat melalui berbagai literatur. Menjelaskan pengertian shalat jumat Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian shalat jumat! 4 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang hukum shalat jumat Unjuk kerja Tes identifikasi Baacalah dan artikan dalil naqli tentang hukum shalat jumat!
Menyebutkan syarat-syarat shalat jumat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan syarat-syarat shalat jumat!
Menjelaskan ketentuan khutbah jumat Tes tertulis Tes uraian Jelaskan ketentuan khutbah jumat!
Menyebutkan sunah-sunah shalat jumat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan sunah-sunah shalat jumat!
Menyebutkan halangan shalat jumat Tes tertulis Tes uraian Sebutkan halangan shalat jumat!
12.2 ‎‎Mempraktikkan shalat jum’at Praktik Shalat Jumat Siswa berlatih mempraktikkan shalat jumat secara berkelompok dengan metode tutor sebaya. Mepraktikkan persiapan pelaksanaan shalat jumat Unjuk kerja Uji petik kerja prosedur Lakukan praktik persiapan shalat jumat! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Mensimulasikan pelaksanaan shalat jumat. Unjuk kerja Tes simulasi Simulasikan pelaksanaan shalat jumat, ada yang menjadi muazin, khatib, imam, dan makmum!
Melaksanakan shalat jumat di lingkungan sekolah atau di lingan tempat tinggal. Portofolio Dokumen laporan kegiatan Buatlah laporan pelaksanaan shalat jumat!
Standar Kompetensi : 13. Memahami tatacara shalat ‎jama’ dan qashar
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
13.1 ‎‎Menjelaskan shalat jama’ dan qashar Ketentuan Shalat Jama’ dan qashar Siswa membaca dan menelaah uraian tentang ketentuan-ketentuan shalat ‎jama’ dan qashar melalui berbagai literatur. Menjelaskan pengertian shalat ‎jama’ dan qashar Tes tertulis Tes uraian Jelaskan pengertian shalat ‎jama’ dan qashar! 4 X 40′ -Buku PAI Esis
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang hukum shalat ‎jama’ dan qashar Unjuk kerja Tes identifikasi Baacalah dan artikan dalil naqli tentang hukum shalat ‎jama’ dan qashar!
Menyebutkan sebab-sebab shalat ‎jama’ dan qashar Tes tertulis Tes uraian Sebutkan sebab-sebab shalat ‎jama’ dan qashar!
Menyebutkan shalat yang boleh dijamak dan diqashar Tes tertulis Tes uraian Sebutkan shalat yang boleh dijamak dan diqashar!
Menjelaskan perbedaan jamak taqdim dan jamak ta’khir Tes tertulis Tes uraian Jelaskan perbedaan jamak taqdim dan jamak ta’khir!
13.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar ‎ Praktik Shalat Jama’ dan Qashar Siswa berlatih mempraktikkan shalat‎jama’ dan qashar secara berkelompok dengan metode tutor sebaya. Mempraktikkan shalat jamak takdim dan ta’khir Unjuk kerja Uji petik kerja prosedur Praktikkan shalat jamak takdim dan ta’khir! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Mempraktikkan shalat qashar Unjuk kerja Tes simulasi Praktikkan shalat qashar!
Mempraktikkan shalat jamak qashar Portofolio Dokumen laporan kegiatan Praktikkan shalat jamak qashar!
Standar Kompetensi : ‎14.‎ Memahami sejarah Nabi ‎Muhammad SAW
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TEKNIK BTK INSTR CONTOH INSTRUMEN
14.1 ‎‎Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW ‎untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat Misi Nabi Muhammad SAW ‎untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat Siswa membaca dan menelaah sejarah Nabi Muhammad SAW yang menceritakan misi beliau ‎untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat Membaca dan mengartikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat. Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dan artikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
‎‎Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW ‎untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat Tes tertulis Tes uraian Jelaskan misi Nabi Muhammad SAW ‎untuk menyempurnakan akhlak, membangun ‎manusia mulia dan bermanfaat!
14.2 ‎‎Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW ‎sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat Misi Nabi Muhammad SAW ‎sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat Siswa membaca dan menelaah sejarah Nabi Muhammad SAW yang menceritakan misi Nabi ‎sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat Membaca dan mengartikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dan artikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat untuk alam semesta! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW ‎sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat Tes tertulis Tes uraian Jelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa ‎kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan ‎masyarakat!
14.3 ‎Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat ‎dalam menghadapi masyarakat Makkah ‎ Perjuangan Nabi dan para Sahabat ‎dalam menghadapi masyarakat Makkah ‎ Siswa membaca dan menelaah sejarah perjuangan Nabi dan para Sahabat ‎dalam menghadapi masyarakat Makkah ‎ Menjelaskan metode dakwah Nabi Muhammad SAW Unjuk kerja Tes identifikasi Bacalah dan artikan dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia dan bangsa! 2 X 40′ -Buku PAI Esis
-Peraga
Menyebutkan para sahabat yang mula-mula masuk Islam (asabiqunal awwalun) Tes tertulis Tes uraian Sebutkan para sahabat yang mula-mula masuk Islam (asabiqunal awwalun)!
Menceritakan peran para sahabat dalam membantu perjuangan Nabi Muhammad di Makkah Tes tertulis Tes uraian Ceritakan peran para sahabat dalam membantu perjuangan Nabi Muhammad di Makkah!
Menceritakan reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi dan para sahabat Tes tertulis Tes uraian Bagaimana reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi dan para sahabat?
Meneladani keuletan, ketabahan, dan cara-cara dakwah Nabi dan para sahabat. Penilaian diri Lembar penilaian diri Ketika mengingatkan orang lain dan ‎tidak diindahkan, maka saya merasa ‎tersinggung (SS-R-TS).‎

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: